Fenomena batu akik populer di Indonesia

Di tahun 2015 ini masyarakat Indonesia disemarakkan oleh fenomena baru. Ya, batu akik. Sejak dihebohkan dengan berita presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, yang memakai batu akik asli dari Indonesia, populeritas batu akik yang sempat meredup, akhirnya kembali terang di tahun 2015. 

Batu Akik Populer Di Indonesia


Fungsi batu akik yang utama adalah untuk perhiasan, yaitu pemanis jari tangan. Namun, satu hal yang membuat harganya bisa jauh lebih mahal daripada aslinya adalah tingkat kelangkaan dalam menemukan jenis batu akik tsb. Kemudian juga khasiat-khasiat yang dipercaya orang melekat pada batu akik tertentu.

Harga batu akik bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Bagi penggemar batu akik sejati, tidaklah masalah mengeluarkan kocek tebal karena berburu batu akik sudah seperti hobi. Tak heran jika penggemar batu akik saat ini tidak hanya dari kalangan tua saja. Wanita, orang muda, bahkan sampai anak-anak pun menggandrungi batu cincin ini.

Walaupun memang, ada sebagian orang yang tidak menyukai batu akik. Kayak aki-aki (kakek-kakek) katanya. Memang, beberapa puluh tahun terakhir, yang aktif memakai batu akik ini adalah orang yang berumur tua. Namun, saat ini penyuka batu akik tidak terbatas pada orang tua saja. Apalagi motif cincin (emban) yang dapat dibeli saat ini sudah sangat variatif, menyesuaikan dengan selera anak muda.

Warna batu akik juga bermacam-macam, misalnya ada yang berwarna hijau, hitam, merah, pancawarna (lima warna), putih, ungu, biru, kuning, dan coklat. Motif yang terkandung pada batu akik tertentu juga bermacam-macam. Ada yang bermotif lumut, pucuk pisang, pelangi, dll. Bahkan batu akik yang bermotif langka, misalnya gambar kupu-kupu, harimau, lafaz Allah, harganya akan sangat mahal. Bisa milyaran rupiah.

Beberapa jenis batu akik yang populer atau dikenal banyak orang, antara lain : batu bacan dari pulau bacan, batu kalimaya, batu giok, batu sulaiman, batu lavender dari baturaja, batu pancawarna dari garut, batu akik darah, pucuk pisang dari sumatera barat, dll.

Demikianlah tulisan kami kali ini, semoga bermanfaat – Nama, jenis, macam, Batu akik populer di Indonesia Tahun 2015.