Cara Mengetes batu akik asli atau palsu, dengan mudah

Dapat Membedakan mana batu akik yang asli dan mana yang palsu adalah sangat penting. Para penggemar batu akik tentu tidak ingin kebahagiaan ketika menemukan batu akik idaman, menjadi sirna, lantaran batu akik yang dibeli ternyata imitasi. Apalagi banyaknya terdapat penjual batu akik yang menghalal kan segala cara untuk mendapatkan keuntungan, semakin membuat para pembeli batu cincin ini harus waspada.

Jangan tergiur atau terpancing dengan bujuk rayu para penjual batu akik yang “nakal”. Gunakan cara mudah mengetes keaslian batu akik, yang akan kami share di artikel ini.

Beberapa tips ini penulis ambil dari www.tokobelanjaonlinemurah.com.

1. Cek tingkat kekristalan dengan Di Senteri. 
Cara mudah mengetes batu akik asli dan palsu yang pertama adalah dengan menyenteri batu akik tsb untuk melihat apakah cahaya bisa tembus atau tidak. Batu akik merupakan mineral dari fosil tumbuhan dan atau hewan yang sudah mengkristal sehingga menjadi golongan batu mulia. Karena itu apabila diberi cahaya atau disenteri, maka cahaya tsb akan tembus dan menerangi isi dari batu akik. 

Sebaliknya jika menemukan batu yang kelihatan indah karena mempunyai warna yang beragam dan mencolok maka jangan langsung ambil kesimpulan bahwa itu batu akik. Sebab itu bukan batu akik melainkan batu biasa yang memang punya warna yang bagus dan butuh beberapa ratus tahun atau bahkan beribu tahun untuk bisa mengkristal dan menjadi batu akik.

2. Cek tingkat kekerasan dengan cara digesekkan ke benda keras.
Cara mudah lainnya untuk tes batu akik asli/ palsu adalah dengan mengesekkannya dengan benda keras lainnya. Ini dilakukan untuk melihat tingkat kekerasan batu akik secara mudah. Batu akik asli lebih keras daripada kaca sekalipun. Semakin bagus kualitasnya maka tingkat kekerasannya pun akan semakin tinggi. Karena itu apabila menemukan batu akik yang rapuh, mudah tergores, maka bisa dipastikan kualitasnya rendah atau bahkan batu akik palsu.

Cara ini pas dilakukan pada yang masih berbentuk batu mentah (rough). Untuk yang sudah berbentuk batu cincin, rasanya hampir tidak mungkin dilakukan sebab takutnya ada kerusakan pada batu cincin tsb setelah digesek, dan bisa-bisa Anda yang dimarahi penjual karena merusak dagangannya. 

3. Cek serat pada batu akik.
Batu akik perlu ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan tahun untuk dapat mengkristal sempurna. Artinya sangat mungkin terdapat serat-serat atau garis-garis yang terbentuk karena belum sempurnanya proses mengkristal tsb. Dan aneh jika ada batu akik tanpa serat. Kalaupun ada harga pasti sangat mahal.


Demikianlah beberapa informasi cara mengetes batu akik asli dan palsu. Jika Anda bermaksud membeli batu akik harga mahal, maka untuk lebih meyakinkan keaslian batu akik tsb, periksakan lah keasliannya ke laboratorium, supaya mendapat data yang lebih akurat. Semoga info kali ini bermanfaat dan terimakasih.


Referensi :